Sabtu, 02 Agustus 2014

Selamat Idul FItri 1435 H




1 tahun yang..Subhanallah

Assalamualaikum hai I'm back
Sempet bingung juga satu tahun berlalu semenjak jadi maba blog ini ngga pernah aku isi dengan cerita tentang segala sangkut pautnya dengan perkuliahan haha emang sengaja juga sih kenapa ya?
Jadi semenjak diterima di pendidikan bidan Unair aku sempat galau karena orang tua tidak begitu merestui maunya sih di ITS (akhirnya pengakuan juga). Aku juga sempet bingung kenapa aku bisa masuk sini tapi aku selalu percaya bahwa Allah selalu berikan yang terbaik buat hambanya. Banyak teman-teman yang masuk sini ingin jadi bidan tapi sejujurnya cita-cita ku pengen banget jadi dosen (doakan ya). Jadi intinya setahun ini penuh dengan keraguan. Kenapa baru sekarang sadar untuk menulis kenangan perkuliahan selama setahun? bismillah udah mantep di jurusan ini setelah bulan lalu di kagetkan dengan opsi kedua yang diberikan Allah buat aku dan pada akhirnya aku tetap melanjutkan di jurusan ini semoga ini yang terbaik amin. Kenapa harus ditulis di blog? karena aku ingin nanti kalo pas udah gede baca-baca blog bisa bernostalgia hehe.

Di semester pertama karena satu fakultas dengan pendidikan dokter sempet ngiri keren banget ya mereka. Ditambah mata kuliah di semester 1 lalu mengenai dasar-dasar ilmu kedokteran dan kesehatan gimana ngga tambah pengen banget kan.. tapi kalo mengingat praktik dan tanggung jawab seorang dokter aku jadi berpikir dua kali dan bersyukur masuk pendidikan bidan.semester 1 ini masih bisa seneng-seneng menikmati kuliah ,main-main dan jalan-jalan bareng teman baru. Bahkan akhirnya tercapai impian bisa naik motor keluar kota walaupun cuma ke gresik dan sidoarjo tapi berefek banget buat keberanian. Tapi di semester awal ini belum seberapa sadar akan tanggung jawab sebagai mahasiswa dan belum seberapa menjiwai jurusan yang aku ambil.

Semester 2 dapet sedikit mengenai kebidanan dan masih ada beberapa mata kuliah dasar seperti mikrobiologi,biokimia,parasitologi,patobiologi. Di semester 2 ini galau memuncak dan mulai sedikit ngga fokus karena mau ngelakuin ini beneran lanjut ngga ya..bermanfaat ngga ya nanti kan aku juga belum pasti. Pemikiran tersebut selalu muncul baik waktu mau ikut organisasi, kepanitiaan, ataupun dalam perkuliahan jadi sedikit kehilangan semangat karena ngga fokus. Akhirnya untuk menjawab ini semua bertekad nyoba lagi. Dari awal aku tetapkan tujuan untuk ikut tes STAN karena materi yang di tes kan ngga ada fisika,kimia dll yang sebagian besar aku sudah lupa rumus-rumusnya. Nah waktu buka pendaftaran aku sedih lihat persyaratan yang salah satu poinnya sudah membuatku gugur sebelum mendaftar sedih banget tapi yaudahlah aku berpikir emang aku ngga ditakdirkan kali ya buat ikut ini. Godaan selanjutnya yaitu ikut SBMPTN awalnya cuma nganterin temen eh jadi ikutan juga. Daftarnya pas hari terakhir pendaftaran ke warnet deket bank (udah kaya' anak nakal mengingat keadaan warnet yang...ehm) pas bayar di bank udah tutup tapi alhamdulillah diijinkan satpamnya masuk buat bayar. Belajarnya cuma baca-baca rumus H-2 mengingat setelah sbmptn besoknya ujian patobiologi hmm tantangan banget. Tapi alhamdulillah dua-duanya terlaksana juga dengan lancar.Waktu pengumuman udah takut banget buat buka. Pengumumannya jam 17.00 dan baru buka jam setengah 9 an. Begitu buka sungguh tak percaya ternyata diterima. Aku langsung bingung persis banget keadaannya seperti pengumuman snmptn tahun lalu dimana ayah ngga dirumah. biasanya kalo ada apa-apa langsung cerita ke ayah. Setelah ayah pulang aku cerita semuanya dan juga sholat istikharah karena galau banget ini tetep lanjut atau pindah .Pada akhirnya aku tetep di jurusan pendidikan bidan semoga ini merupakan jawaban dari istikharah dan semoga ini yang terbaik amin.
Dibalik kisah ikut sbmptn aku banyak dapet hikmah. Mungkin Allah mengizinkan aku ikut untuk menjawab keraguanku dan orang tua selama ini, memberikan pilihan kepadaku agar bisa mempertimbangkan resiko dan baik buruknya dan dari sini aku bener-bener berpikir banyak positifnya di bidan dan bismillah semoga selalu diberi kemantapan hati, kekuatan, dan kelancaran dalam menjalankannya. Amiin

Lanjut lagi ya.. di semester 2 ini aku juga banyak dapat pengalaman baru disamping kegiatan perkuliahan. Aku pernah punya impian bisa nyari kerja dengan mengajar dan alhamdulillah secepat ini Allah mengabulkan impiannku. Bangga banget ketika menerima gaji dari hasil kerja keras sendiri. Selain itu aku juga punya impian bisa berpetualang tanpa orang tua di luar kota dan alhamdulillah bulan mei kemaren bisa tercapai walau cuma ke kota malang hehe. Di semester 2 ini banyak banget kesempatan yang diberikan Allah kepadaku. Mungkin juga dengan sks di semseter 2 yang sedikit juga membuatku bisa melakukan banyak kegiatan disamping perkuliahan.
Alhamdulillah bersyukur banget the power of dreams benar-benar aku rasakan di semester 2 ini dan sekarang benar-benar menghargai waktu karena waktu tanpa terasa berjalan begitu cepat kalo kamu mempunyai banyak impian maka bergeraklah mulai dari sekarang jangan menunggu kesempatan karena kesempatan datang ketika kita sudah bergerak. Semoga Allah selalu memberi jalan kemudahan untuk kita semua dalam meraih cita-cita di dunia maupun di akhirat kelak amin.

Sekian ceritaku tentang setahun jadi mahasiswa. Sebenarnya ada yang belum aku ceritakan mengenai segelintir orang yang masuk dalam kehidupanku selama perkuliahan mungkin lain waktu ya. Terima kasih sudah membaca semoga bisa bermanfaat :)