Minggu, 06 Desember 2015

Saturday Night

Orang-orang yang bersama saya kali ini yaitu Hilda dan Amadea. Partner dalam tim debat. Mulai dekat sejak latihan hingga sekarang ini. Entah kenapa ternyata kami mempunyai pemikiran yang sama jadi itulah yang membuat kami dekat.

Hari ini (5/12) sedikit kecewa ketika kami ingin bertemu adek-adek di panti asuhan Sang Surya Surabaya
ternyata sudah kelewat jam berkunjung karena kami datang sekitar pukul 18.30. Sedikit informasi panti asuhan Sang Surya merupakan panti asuhan khusus bayi dan balita. Bagi yang suka dengan bayi dan balita monggo silahkan berkunjung kesana mulai pukul 08.00-17.00.
adeknya lucu-lucu dan menggemaskan.

Untuk melepas kekecewaan dan sejak siang kami belum makan akhirnya kami memutuskan untuk mencari makan malam. Opsi pertama ke mie akhirat namun tidak jadi dan pada akhirnya kami ke restoran Trunojoyo di jalan tegalsari. Baru tahu  ada restoran ini di Surabaya dan restoran ini unik. Gedungnya masih klasik gaya bangunan Belanda. Pelayannya semuanya menggunakan bahasa jawa krama. Backsounds dan alunan musiknya juga musik jawa dan untuk makanannya juga jangan ditanya ternyata rasanya enak dan tidak mengecewakan. Recomended buat ayah nih yang suka dengan bangunan klasik dan musik jawa.

 Ketika sedang makan tiba-tiba hujan deras sehingga menahan kami untuk pulang. Akhirnya kami bercerita satu sama lain. Momen yang sangat jarang ditemukan ketika hp saya dan Hilda mati semua dan tidak ada yang membawa charger sehingga tidak ada gangguan dari hp. Kami fokus bercerita ditengah hujan deras di malam minggu. Entah kenapa memang sejak kemarin saya merasa sedikit sedih seperti ada beban di hati yang harus di buang atau karena kadar endorfin yang menurun karena banyaknya stresor. Saya pernah membaca bahwa Communication sometimes curative and reduce the pain. yes, it's true. I've proved it. Setelah bercerita dengan mereka rasanya lega sekali walaupun ceritanya tidak penting. Namun ternyata efek dari komunikasi lah yang membuat keadaan menjadi lebih baik.

Setelah hujan agak reda akhirnya kami pulang. Baru tersadar kami di tengah kota dan malam minggu macet sekali ditemani gerimis yang masih mengguyur kota surabaya but thank you for a great satnight hilda and dea :)


Senin, 30 November 2015

Costume

 ...............
"mimpi apa aku semalem bisa pake baju OK" (kata-kata yang terucap dalam hati)
Entah kenapa ini patut diceritakan biar nantinya bisa dikenang :)

Awal cerita membantu menjadi perwakilan Himawary untuk acara ikatan alumni unair di ACC bersama perwakilan Ormawa lain dari FK Unair. Sebelumnya sudah di informasikan tidak perlu membawa apapun karena costum dan perlengkapan sudah disediakan pihak alumni FK Unair. Ketika membaca informasi tersebut sedikit ngantuk jadi aku pahamnya besok pakai baju OR bukan OK. Sudah dipersiapkan bajunya Alhamdulillah tiba-tiba ada keraguan aku baca lagi jarkomnya ternyata pakai baju OK. Oke belum dapat feelnya sebenernya. 

Setelah sampai di ACC dilakukan Briefing dan persiapan. Ternyata besar juga ya bajunya setelah dipakai. belum dapet feelnya lagi. Tapi ketika sudah dipakai dan memakai perlengkapan kepala dan masker berasa bangga banget bisa pakai baju ini :"). Padahal aku bukan seorang dokter nantinya, tapi seorang bidan yang ranahnya hanya boleh menolong persalinan fisiologis dan ngga mungkin bisa menolong operasi. 

Tak apa, setiap orang memiliki takdir hidupnya sendiri dan itu sudah ditentukan. Mumpung sekali seumur hidup jadi momen bahagia ini harus diabadikan. Jadi, ini dia hasilnya :

Bersama ikatan Alumni FK unair (7-11-2015)



Senin, 23 November 2015

Perempuan

"Aku ngga paham dia kenapa. Kalo ngga cerita ya aku ngga bakal tau permasalahannya"
"Oh cewek itu gitu ya ternyata..."
"kenapa seh kok pake rahasia-rahasiaan"
"dikit-dikit baper.."
"aku terserah deh ngikut.." 
(kata" yang sering terucap untuk dan dari perempuan)


Beberapa hari lalu mendengarkan curahan hati seorang teman saya yaitu seorang laki-laki mengenai perempuan. Membahas mengenai remaja perempuan mungkin tak akan ada habisnya. Pastinya akan banyak sekali kalo dibahas satu-satu it's so complicated.

Saya yang juga sebagai perempuan dan di lingkungan teman" saya satu kelas yang keseluruhan adalah seorang perempuan tentunya sedikit paham mengenai hal tersebut. Sehingga setelah memberikan beberapa pengertian dan masukkan terhadap teman saya tiba-tiba ingin menulisnya juga disini. Tapi ini versi sudut pandang saya yaa, karena tidak semua perempuan memiliki sifat yang sama mungkin ini hanya bicara mengenai mayoritas dan keseringan yang dialami oleh teman" perempuan di sekitar saya.

Perempuan adalah mahkluk yang unik, ia memiliki perasaan yang lembut dan terkadang sulit ditebak. Hal inilah yang terkadang menjadikan banyak laki-laki bingung ketika harus menghadapi mereka tertama nih yang lagi punya hubungan spesial.

Perempuan itu lebih suka memendam perasaannya. sukanya mengkode tapi justru seorang lelaki ngga paham dengan kode tersebut maunya berterus terang saja. Jadi, disinilah seorang lelaki itu harus peka. Selain itu beberapa perempuan terkadang tidak ingin menceritakan apa yang dialaminya di kondisi tertentu apabila ada masalah jadi jangan salahkan disaat seperti itu tapi komunikasikan dengan baik, beri motivasi dan jangan malah menyalahkan. Intinya seorang perempuan itu lebih banyak melakukan sesuatu dengan perasaan sedangkan seorang laki-laki dengan pikiran. Itulah terkadang mengapa ketika meminta pendapat jawabanya terserah atau ngikut deh karena dia menggunakan perasaan bukan pemikiran.

Allah memang Maha Adil, itulah mengapa Allah menciptakan perbedaan diantara laki-laki dan perempuan. Kalo semua disamakan maka seorang laki-laki tidak akan belajar memahami seorang perempuan begitupun sebaliknya. Perbedaan itu bukan untuk saling diperdebatkan tapi perbedaan itu ada untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Terakhir dari saya seorang perempuan itu 'istimewa' karena perempuan memiliki keunikan masing-masing seperti bunga. walaupun bunga tersebut memiliki warna yang sama dalam satu tempat pasti ada keindahan tersendiri yang dapat dipancarkan dan itu hanya dapat dilihat oleh orang yang memilihnya.


Jadilah perempuan yang tidak mudah didapatkan tapi beruntung ketika dimiliki dan pancarkan keindahanmu dalam setiap kebaikan yang dapat menebar manfaat :)

Minggu, 27 September 2015

So, what's your purpose of life ?

Berawal dari ingin memposting ini di website domain unair namun ternyata websitenya bermasalah. Jadilah postingan ini saya alihkan di blog saya ini. Bagi saya tidak ada kata terlambat dalam memulai suatu kebaikan bukan? Semoga apa yang saya share disini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. aamiin

Berbicara mengenai fokus terhadap tujuan hidup. Di dunia ini masih banyak orang yang mengkhawatirkan kenikmatan yang ada di dunia. Masih banyak pula yang terlena terhadap kenikmatan duniawi. Padahal dunia hanya tempat singgah kita sementara.

Jangan khawatir dengan dunia, karena itu milik Allah.
Jangan khawatirkan pula rizkimu, kerena semua itu dari Allah.
Tapi, fokuslah untuk memikirkan satu hal, bagaimana menjadikan Allah ridho kepadamu.

Semoga kita semua termasuk kedalam orang-orang yang senantiasa mengharapkan ridhonya dalam amal dan perbuatan yang kita lakukan. Tetap semangat ya dan selalu istiqomah dalam menjalankan amanah Nya :)


Senin, 14 September 2015

Still be my favorite one

 
"Hidup itu berproses. Ketika kebanyakan manusia melihat hasilnya, percayalah bahwa Tuhan lebih melihat, percayalah bahwa Tuhan lebih melihat bagaimana perjalananmu dalam meraihnya. Ketika niatmu sudah lurus, usahamu sudah tulus, perbaikan diri kau lakukan terus menerus, InsyaAllah penilaian Allah terhadapmu pun bagus"

-Ahmad Rifa'i Rifan-

Rangkaian kata-kata tersebut dikutip dari salah satu penulis favorit saya yang selalu menginspirasi untuk terus melakukan perubahan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Sejak pertama kali membaca buku karya Ahmad Rifa'i Rifan seakan terbawa kehidupannya yang selalu berfikir postif dan semangat menjalankan hidup tentu saja sesuai dengan perintah-Nya. Karya-karyanya begitu menginspirasi dan selalu menambah semangat untuk menjalani kehidupan ini, menjalankan amanahNya tentunya. Semoga kelak bisa menginspirasi sepertinya. 


Rabu, 12 Agustus 2015

Sosis gulung goreng


Sebenernya niat  buat eksperimen masakan sudah lama namun terkendala waktu yang kurang mendukung. Jadilah liburan semester ini memanfaatkan waktu untuk mencoba hal baru yang produktif dengan iseng-iseng buat makanan. Memilih resep dengan bahan yang mudah didapat dan pengolahan makanan yang mudah akhirnya menemukan resep sosis gulung ini. Mudah banget buatnya dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Resep selengkapnya bisa dilihat disini . Alhamdulillah kata adek dan mas enak. selamat mencoba :)






Senin, 03 Agustus 2015

Tuhan lebih tau apa yang kau butuhkan

Terima apapun pemberian Allah dengan penyikapan yang bijak. Ketika Allah mengkaruniakan kemudahan, mari kita menyikapinya dengan syukur. Disaat Allah memberikan kesulitan kepada kita, mari menyikapinya dengan sabar. Tidak ada satu pun pemberian Allah yang sia-sia.

Karena Tuhan lebih tau apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.

Jumat, 26 Juni 2015


Hanya ingin sedikit cerita dan berbagi pengalaman dengan tulisan. Karena ketika suatu saat nanti kita membacanya lagi akan mengingatkan pada sesuatu hal dan menjadikannya pengalaman yang tak akan terlupakan kelak.

Hari ini (25/6) masih dalam minggu masa klinik. Karena dapat shift pagi seperti biasa menunggu ada pasien datang untuk kb atau kontrol di suatu BPS di Surabaya. Ternyata pukul 11 ada ibu datang dengan keluhan kontraksi perut. Ternyata tak lama kemudian sekitar 2 jam Ibu tersebut telah melahirkan bayinya. cepat sekali kejadiannya karena ibunya sudah multigravida. Alhamdulillah ibu dan bayi baik baik saja tidak ada penyulit dan masalah. Sebenarnya yang ini bukan cerita utama, sedikit intermezzo dulu boleh ya hehe.

Jadi sekitar pukul 13.00 setelah membantu menolong persalinan ibu tadi ada 2 orang datang ke BPS dengan panik menceritakan bahwa tetangganya ada yang sudah kebrojolan bayinya sudah lahir namun ari-ari (plasenta) nya belum bisa keluar. Segera mbak Lilis (bidan magang) mempersiapkan alat-alat untuk menuju ke rumah ibu yang kebrojolan tadi. Mbak Lilis meminta aku buat menemani mengantarkan ke rumah ibu tersebut. Tak disangka jalan menuju rumahnya benar-benar sedikit rumit dengan keadaan rumahnya yang jauh dari kata layak untuk dihuni.

Sesampainya di rumah ibunya aku sangat terkejut. Ibunya sudah di dekat pintu duduk dengan berceceran darah di sekitarnya banyak sekali, ketuban mekonial dan seorang bayi laki-laki tergeletak di lantai masih terikat dengan tali pusat. Sesampainya di rumah mbak Lilis mengeluarkan alat-alat dan meminta aku untuk fokus mengurusi bayinya sedangkan mbak Lilis ibunya. Segera aku melakukan perawatan tali pusat dan menghangatkan bayinya dengan kain seadanya karena keluarganya tidak memiliki pakaian bayi. Ibu tersebut diberi suntikan oksitosin namun setelah lebih dari 30 menit plasenta masih sulit sekali dikeluarkan (retensi Plasenta) nadi ibunya begitu cepat dan bahaya apabila tidak segera ditangani karena bisa menyebabkan perdarahan dan mengancam nyawa ibunya. Aku sudah panik karena ibunya begitu pucat dan tampak lemas hampir tak sadarkan diri. Akhirnya kami merujuk ibu tersebut dengan becak menuju ke RSUD Soewandhi. Bercak darah menetes mengiringi sepanjang perjalanan ibunya menuju ke becak tersebut.

Sesampainya di rumah sakit kami menuju UGD untuk mengantarkan ibunya agar segera mendapatkan penanganan. Ternyata memang perlekatan plasentanya begitu dalam sampai ke bagian otot rahim dalam istilah medis sering disebut dengan plasenta akreta. Setelah mendapat penanganan alhamdulillah plasenta tersebut bisa lahir.

Pengalaman ini benar-benar sangat luar biasa buatku karena untuk pertamakalinya aku merasakan yang namanya merujuk pasien bahkan sudah dipanggil mbak bidan (padahal belum lulus)dan melihat secara langsung eksplorasi rahim untuk pengeluaran plasenta akreta. Jadi teringat aku masih mengenakan sarung tangan (handscoon) yang masih ada bercak darah dan mengendarai  motor udah keren banget kan wkwk maaf karena memang sudah gupuh. Alhamdulillah untuk klinik semester ini banyak sekali dapat pengalaman baru dengan berbagai macam kasus.

Semoga kedepannya ilmu dan pengalaman yang aku dapat bisa bermanfaat dan barokah untuk diri ini dan masyarakat. aamiin :)

Minggu, 31 Mei 2015

Fibrinana


" Jangan sepelekan mimpi. Kita ini hidup namun jangan biarkan mimpi kita terkubur hidup-hidup" 
 - dr. Purwo Sri Rejeki, M.Kes-

Hari ini saya dan teman-teman berkesempatan untuk branding produk kami yaitu Fibrinana dalam acara talkshow "All about Collaboration". Pengalaman untuk pertamakalinya Alhamdulillah terimakasih dok atas kesempatannya ini. Semakin kagum sekali dengan beliau yang selalu sabar dalam membimbing kami. Semoga selalu menginspirasi banyak orang dan memberikan ilmu yang bermanfaat. aamiin


testimoni dari pengunjung yang hadir

sesi foto bersama
Sekilas mengenai Fibrinana merupakan produk dengan bahan utama serat pisang. Produk ini meliputi sepatu, tas, dan baju. Alhamdulillah dari acara ini banyak sekali yang tertarik dengan produk kami. Ini merupakan produk dari PKM-K namun untuk kedepannya kami ingin usaha ini terus berjalan sebagai local brand yang mengangkat ciri khas Indonesia. Target terdekat kami yaitu dapat lolos PIMNAS 2015 dan semoga bisa menjadi juara untuk mengembangkan produk yang lebih berkualitas. Mohon doanya :)


visit us
facebook : fibrinana
Instagram : fibrinana

Rabu, 15 April 2015

Renungan

Satu hal yang aku rindukan
Teman
Ya, teman yang selalu mengingatkannku ketika salah
Teman yang selalu mengingatkanku pada kebenaran
Teman yang selalu mengajariku ketika ada kesulitan dalam memahami suatu ilmu dan memacu untuk megeksplornya lebih dalam lagi
Teman yang selalu memberi semangat
Aku rindu sosok teman seperti itu
Seolah-olah aku terlena dengan keadaan sekarang

Katanya lifelong learner?
Ya, itulah manusia terkadang di tengah jalan sempat ingin menyerah karena tantangan yang tiada batas.
Jangan berhenti belajar Nov..
Cari ilmu sebanyak-banyaknya
Banyak yang belum kamu ketahui
Jangan hanya berangan-angan tapi usaha ? belum terlihat
Dan juga jangan hanya ingin terlihat didepan banyak orang
Langit tak perlu menjelaskan bahwa dia tinggi bukan?

Komentar, kritikan pasti ada. Tapi, jadikan itu motivasi :')
Ingat cita-cita kamu Nov..
Jangan mudah menyerah. Buat bahagia kedua orang tua kamu
Perjuangan mereka juga tak mudah untuk mengantarkanmu sampai sekarang ini

Belajar menjadi dewasa Nov. Masa harus selalu dituntun?
Bulatkan tekad dan prisip, Jangan mudah terpengaruh lingkungan yang menjerumuskan ke arah negatif
Ayo berubah menjadi lebih baik lagi

....إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ .... 
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”(Ar-Rad: 11)

La Tahzan Innallaha Ma'ana




Kamis, 09 April 2015

Where life begins and Love never ends


This photo was taken in Candi Borobudur 2 years ago
Buat ibu sama ayah semoga sehat selalu dan panjang umur. Terimakasih telah membesarkan dan mendidik aku hingga saat ini. Terutama ibu, menuntut ilmu mengenai kebidanan membuatku semakin kagum terhadap sosok seorang ibu dan hebatnya perjuangan ibu dalam melahirkan. Terimakasih ibu :'). Buat Ayah terimakasih selalu mengerti aku dan memberi motivasi hidup buat lebih semangat lagi. Buat Mas, makasi selalu baik sama aku terutama ketika lagi krisis moneter hehe. Semoga Tahun ini lulus ya mas bro aamiin. Buat Adek yang katanya mau jadi arsitek aamiin. Beberapa hari lagi di sirkumsiksi ya haha selamat ya semoga cepat dewasa, makasi selalu perhatian sama mbak. 
Entah kenapa jadi ingin menulis ini. Salah satu dari berjuta alasan karena aku sayang mereka :)

"You don't choose your family. They're God's gift to you"
-Desmond Tutu-


for my future . . .

Teruntuk calon imam yang masih dirahasiakan oleh Allah

Biarlah aku mencintaimu dengan caraku. Sederhana, namun inilah caraku
Sesederhana harapku ingin mencintaimu karena Allah dan dicintaimu karena Allah

Aku ingin kita bertemu karena Allah,
Hidup bersama karena Allah

Aku tak perlu repot mengumbar rasa ini,
Cukuplah Allah yang menjadi saksi betapa selama ini aku memendam rinduku untukmu

Ya Rabb, ku pasrahkan hidup dan matiku hanya untukmu
Sungguh engkaulah Maha Berkehendak dan yang menentukan segalanya

Beri petunjukkmu agar  aku tetap tegar dan ikhlas menjalani kisah hidupku
Berikan aku segenap kekuatan dan kesabaran untuk menemui takdirku dengan cara yang kau ridhoi

Semua akan indah pada waktunya, wahai zat yang mengenggam tiap-tiap hati
kutitipkan hati ini hingga kelak waktu itu tiba

Lindungi aku, sesungguhnya engkaulah tempat sebaik-baiknya berlindung

Semoga hati ini akan tetap utuh dan terjaga hingga dia yang halal menjemputku. aamiin

Selalu berdoa, memperbaiki dan memantaskan diri yang bisa kulakukan sekarang semoga engkaupun yang disana juga begitu hingga siap waktu kita bertemu kelak

Sabtu, 21 Maret 2015

Be patience and keep Istiqomah


 
Mencintai bagi wanita adalah bersabar. Bersabar dalam menunggu lelaki tepat muncul dalam hidupmu. Bersabar dalam setiap sujud dan doa yang dihaturkan di malam malam panjang. Bersabar dibalik hijab dan senyum yang tak mengumbar. Bersabar menahan rindu dan debaran dada setiap melihat sosoknya. Bersabar dalam menanti sebuah pertanyaan yang menawarkan separuh agama, dan menunjukkan kesetiaan untuk berlabuh menuju surgaNya. Karena memang pada akhirnya, cinta tanpa kesabaran hanyalah nafsu belaka. tetap istikomah ya cantik, semuanya akan indah pada waktunya :)

Kamis, 19 Maret 2015

Jadilah pribadi yang selalu bersyukur dengan rahmat yang sudah kita miliki


"Mungkinkah selembar daun kecil dapat menutupi bumi yang luas ini ?"


Menutupi dengan telapak tangan saja sulit
tapi jika daun kecil ini menempel di mata kita maka tertutuplah bumi dengan daun itu

Begitupula hati
ditutupi pikiran buruk sekecil apapun, maka kan melihat keburukan dimana-mana
dan bumipun akan tampak buruk

Jangan menutup mata kita, walau hanya dengan daun yang kecil
Jangan menutup hati kita, dengan sebuah pikiran buruk walau cuma seujung kuku

Syukuri apa yang sudah dimiliki, sebagi modal untuk memuliakan-Nya
Karena hidup adalah waktu yang dipinjamnkan dan harta adalah amanah yang dipercayakan

Bersyukur dan selalu bersyukur dalam segala hal dan berlombalah dalam kebaikan dimulai dari sekarang
Karena dengan bersyukur  hati selalu merasa tecukupi atas segala apapun dan jiwa menjadi bahagia :)

Sabtu, 14 Maret 2015

:)

Lepaskanlah,


Maka esok lusa,
jika dia adalah cinta sejatimu,
dia pasti akan kembali dengan cara yang mengagumkan

Ada saja takdir hebat yang tercipta untuk kita

Jika dia tidak kembali,
Maka sederhana jadinya,
itu bukan cinta sejatimu.

-Tere Liye-



Lepaskan, ikhlaskan, dan pasrahkan  pada Allah SWT :)

Selasa, 10 Maret 2015

a mission accomplished !

Efek MHMMD tahun lalu menulis " Pergi ke Bromo bulan Mei 2014". Alhamdulillah bisa terwujud di tahun ini (14/2). Suatu pengalaman yang tak terlupakan. Jadi semakin percaya akan kekuatan mimpi ;) Terimakasih BOV