Tentang muslimah

Assalamu'alaykum

Alhamdulillah atas segala yang telah diberikanNya kepada diri ini. Disaat iman sedang turun, Allah pertemukan dengan orang-orang yang membawa diri ini dekat kembali denganMu sehingga hati menjadi lebih tentram dan damai. Alhamdulillah.

Akhir- akhir ini banyak mendapatkan ilmu baru semua berkat tuntunaNya alhamdulillah. Kali ini ingin sedikit berbagi ilmu tentang perempuan dalam islam atau muslimah. Didalam sebuah hadits pernah disebutkan bahwa :
" Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita saleha" (HR. Muslim). 
Masya Allah salah satu keistimewaan wanita :). perhiasan dunia bagaimana bisa? disebut demikian karena akhlak kita yang mulia dan pengetahuan kita tentang agama yang menyebabkan kita seindah perhiasan dunia. Jadi bukan hanya cantik atau berpenampilan menarik. Namun indahmu karena akhlakmu yang mulia dan agama yang terpelihara. Serta selalu taat kepada Allah dan RasulNya.

Masih tentang wanita, keistimewaan lain yaitu juga berkesempatan untuk bisa masuk surga dari pintu mana saja yang kau inginkan. Diriwayatkan dalam hadits berikut :
" Apabila seorang wanita telah mengerjakan sholat lima waktu, berpuasa pada bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya, dan mentaati suaminya maka akan dikatakan kepadanya ' masuklah dari pintu surga mana saja yang engkau kehendaki'." (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).
Ada satu kutipan yang menarik yang saya ambil yaitu jangan sekali-kali meremehkan kebaikan yang engkau lakukan untuk suamimu. Bisa jadi kebaikan kecil yang ikhlas merupakan jalan datangnya ridha yag besar dari Allah SWT (hm jadi ini dapat menjadi reminder diri sendiri juga nantinya :D). Betapa Allah sangat menyayangi dan memuliakan seorang muslimah MasyaAllah :)).

Begitu luar biasa Allah memuliakan wanita, ketika wanita tersebut menjadi anak sebagai pembuka pintu surga bagi ayahnya, ketika menjadi seorang istri sebagai penyempurna separuh agama suaminya, ketika menjadi seorang ibu pintu surga berada dibawah telapak kakinya. Selain itu Abu Hurairah ra pernah berkata:
"Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan bertanya, 'wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali ?' Nabi menjawab, 'ibumu'. orang tersebut kembali bertanya 'kemudian siapa lagi?' . Nabi menjawab 'ibumu'. Orang tersebut kemudian bertanya kembali 'kemudian siapa lagi'. Nabi menjawab 'ibumu'. Orang tersebut kemudian bertanya kembali 'kemudian siapa lagi'. Nabi menjawab 'kemudian ayahmu' (HR. Bukhari Muslim)
Ibumu,ibumu.ibumu, kemudian ayahmu. Inilah kemuliaan yang utama. sebuah status yang sangat mulia, kehormatan bagi wanita. Di mata Allah kau begitu tinggi derajatnya.



Seperti itulah dirimu. muslimah begitu mulia karena kau seorang ibu. Tugas seorang ibu begitu berat : sembilan bulan mengandung, bersusah payah melahirkan anak sampai hampir mengorbankan nyawanya, dua tahun menyusui, dan selalu melawan rasa kantuk yang menyerang. Pangkuan kakimu menjadi ayunan untuk anakmu. Tangan pun ikut membersihkan dan menyuapinya. sebagaimana kemuliaan merawat anak, semulia itu pula dirimu mendidik mereka. Pepatah arab pernah mengatakan:
"Ibu ibarat sekolah, apabila engkau persiapkan dengan baik, berarti kau persiapkan bangsa yang baik akarnya. Ibu adalah guru dari semua guru yang utama, pengaruhnya emnjangkau seluruh dunia."
Dari beberapa keistimewaaan tersebut itulah mengapa bidadari syurga cemburu pada kita. Jadii, kita sebagai muslimah patut bersyukur karena status kita ini. wujudkan syukur itu dengan selalu mengisi kegiatan yang positif, memperindah ahklak dan meningkatkan ketaatan kita pada Allah dan RasulNya. Semoga Allah merahmati dan meningkatkan perbaikan diri kita ke arah yang lebih baik.
Keep learning dan jangan pernah lelah mencari ilmu.
"Pelajarilah ilmu, karena mempelajari ilmu adalah (bukti nyata) rasa takut (kepada Allah SWT), menuntut ilmu adalah ibadah, mendiskusikan ilmu adalah tasbih, mencari ilmu adalah jihad, mengejarkan ilmu kepada yang belum tahu adalah sedekah, dan berbagi ilmu kepada keluarga adalah upaya mendekatkan diri kepada Allah." 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recommended Post

kepingan makna kehidupan

"Allah selalu punya rencana yang terbaik untuk kita. Jangan takut untuk melangkah. Biarlah Allah yang menuntun" Selalu bersyuku...